Jawaban dari "tolong apa itupeta metal?"

Jawaban dari "mengapa conrad theodore van deventer di sebut sebagai bapak politik etis..?"

Apakah kamu termasuk orang yang menggunakan cara belajar dengan mencari jawaban di internet? Jika benar, maka anda bukanlah orang satu-satunya.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa cara belajar dengan penggunaan strategi mencari jawaban dapat meningkatkan nilai pada mata pelajaran matematika.

Kami ada 1 jawaban mengenai mengapa conrad theodore van deventer di sebut sebagai bapak politik etis..?. Monggo pelajari jawaban selanjutnya di bawah:

Mengapa Conrad Theodore Van Deventer Di Sebut Sebagai Bapak Politik Etis..?

Jawaban: #1:

Conrad Theodore van Deventer disebut sebagai bapak politik etis karena dialah yang mengusulkan 3 hal yang perlu dilakukan pemerintah Belanda sebagai balas budi bagi rakyat Indonesia yaitu Irigasi, Imigrasi dan Edukasi.

Pembahasan

Conrad Theodore van Deventer yang lahir pada tahun 1857 dan meninggal pada tahun 1915 merupakan seorang ahli hukum berkebangsaan Belanda, tokoh politik dan pencetus Politik Etis. Dia pergi ke Indonesia dalam usia muda sebagai ahli hukum bagi perkebunan Belanda di Indonesia.

Pada tahun 1899 van Deventer menulis artikel berjudul 'Hutang Kehormatan' dalam majalah De Gids tentang bagaimana negara Belanda menjadi kaya raya sementara Indonesia yang menjadi sumber kekayaannya miskin dan terbelakang. Menurut van Deventer, sudah seharusnya jika kekayaan bangsa Indonesia yang telah diperoleh Belanda itu dikembalikan.

Van Deventer kemudian mengajukan tiga hal yang harus dilakukan Belanda sebagai balas budi pada rakyat Indonesia, yang selanjutnya diadopsi pemerintah Belanda sebagai kebijakan Politik Etis, yaitu:

  1. Irigasi (pengairan), yaitu pembangunan irigasi untuk mengaliri sawah-sawah penduduk sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan rakyat.
  2. Migrasi (perpindahan penduduk), yaitu perpindahan penduduk dari Jawa yang banyak penduduknya ke daerah lain yang jarang penduduknya agar lebih merata.
  3. Edukasi (pendidikan) yaitu membuka pendidikan bagi warga pribumi agar menghasilkan sumber daya manusia yang lebih berkualitas.

Kebijakan yang baik ini ternyata disalahgunakan oleh pemerintah Hindia Belanda, karena irigasi ternyata dibangun demi kepentingan perkebunan milik Belanda, dan perpindahan penduduk ditujukan untuk mendapatkan tenaga kerja bagi perkebunan Belanda di Sumatera. Hanyalah edukasi, walaupun masih terdapat penyimpangan, yang berguna bagi bangsa Indonesia dengan munculnya kaum terpelajar yang selanjutnya menjadi tokoh-tokoh pergerakan nasional Indonesia menuju kemerdekaan.  

Pelajari lebih lanjut

  1. Materi tentang trologi van Deventer. https://brainly.co.id/tugas/2779076
  2. Materi tentang pengertian politik etis. https://brainly.co.id/tugas/45320
  3. Materi Tentang kebijakan politik etis. https://brainly.co.id/tugas/2213472

-----------------------------

Detil Jawaban

Kelas : 11 SMA

Mapel : Sejarah

Bab : Bangsa Eropa di Indonesia

Kode : 11.3.1

Kata Kunci: Conrad Theodore van Deventer, bapak politik etis

THEODORE SPYROPOULOS – highlike

Theodore spyropoulos – highlike. Spyropoulos theodore highlike behavioural complexity source

Gimana? Sudah dapat jawabannya kan? Diharapkan jawaban di atas dapat membantu pengerjaan tugas sobat.

Komentar