Jawaban dari "tolong apa itupeta metal?"

Jawaban dari "bahaya apa saja yang mungkin terjadi di daerah frontier? jelaskan!"

Bila kamu sedang mencari jawaban atas soal bahaya apa saja yang mungkin terjadi di daerah frontier? jelaskan!, maka anda sudah berada di situs yang tepat.

Kami punya 1 jawaban mengenai bahaya apa saja yang mungkin terjadi di daerah frontier? jelaskan!. OK langsung saja lihat jawaban selengkapnya di bawah ini:

Bahaya Apa Saja Yang Mungkin Terjadi Di Daerah Frontier? Jelaskan!

Jawaban: #1: Kelas           : XI (1 SMP) 
Pelajaran     : PPKN 
Kategori      : Batas Wilayah Negara Indonesia
Kata Kunci  : Daerah Frontier, Perbatasan, Terluar, Terdepan



Yang dimaksud dengan Daerah Frontier adalah wilayah terdepan yang masih merupakan teritori Indonesia dan berbatasan dengan wilayah Negara lainnya. Dahulu, wilayah ini disebut dengan wilayah terluar namun di kemudian hari menjadi wilayah atau daerah Frontier.

Dalam Kamus Bahasa Indonesia Sendiri, kata Front sudah diserap dan diartikan sebagai bagian terdepan atau garis terdepan.

Daerah Frontier disebut juga dengan wilayah atau tanah perbatasan. 

Pada daerah frontier ini terdapat beragam potensi bahaya (konflik atau masalah) yang bisa muncul, antara lain:

◐ Potensi sengketa mengenai batas-batas wilayah yang cukup berbahaya sebab mengancam kedaulatan bangsa.

◐ Pengawasan yang lemah berbuntut pada meningkatnya potensi permasalahan seperti penebangan kayu illegal serta penyelundupan yang sering terjadi pada perbatasan Indonesia dan Malaysia.

◐ Imigran gelap serta pencurian sumber daya laut di wilayah Indonesia juga sering terjadi karena pengawasan yang lemah. Kedua tindakan illegal tersebut banyak terjadi pada wilayah perbatasan Indonesia dengan Australia dan Indonesia dengan Thailand.

◐ Angka kemiskinan yang tinggi pada wilayah perbatasan serta infrasturktur yang tidak memadai bagi warga Negara.

◐ Masalah kewarganegaraan juga turut menjadi potensi bahaya di wilayah perbatasan yang wajib diperhatikan pemerintah karena banyak WNI yang beralih menjadi warga Negara lain karena fasilitas yang mereka tawarkan jauh lebih baik dari yang pemerintah berikan. Hal ini sering terjadi pada daerah frontier Indonesia dengan Malaysia.

◐ Aksi spionase juga marak terjadi di wilayah perbatasan.

dll Final Frontier

Final frontier. Frontier final

Nah itulah informasi mengenai "bahaya apa saja yang mungkin terjadi di daerah frontier? jelaskan!", semoga dapat bermanfaat!

Komentar